Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mamfaat SARAPAN di Pagi Hari Untuk KESEHATAN tubuh

Bagi kebanyakan orang kesibukan terkadang membuat kita lupa untuk memberi nutrisi bagi tubuh kita, terlebih ketika bangun di pagi hari dan melihat waktu yang semakin mendekati jam-jam sekolah, kuliah, kerja bahkan aktivitas lainnya sehingga membuat kita lupa atau mengabaikan bagian penting sebelum menjalani aktivitas kita yaitu Sarapan Pagi.

Pentingnya sarapan pagi tidak bisa di pungkiri karena merupakan pangkal nutrisi bagi setiap tubuh manusia. Karena memulai aktivitas dari pagi hari sangat membutuhkan energi yang kuat sehingga sarapan pagi sangatlah penting di lakukan sebelum beranjak ke aktivitas berikutnya.

Menurut Ahli gizi, sarapan di pagi hari adalah makan yang paling penting sehari-hari. Karena orang yang melewatkan sarapan di pagi hari cenderung memiliki masalah dengan metabolisme, berat badan dan konsentrasi.

Waktu sarapan yang baik di pagi hari di mulai dari pukul 06.00 Sampai pada pukul 09.00. Sarapan yang di anjurkan mencukupi 25% - 30%.


Dan berikut ini ada beberapa Mamfaat Sarapan di Pagi hari :

1. Mencegah Penyakit Maag
Orang yang memiliki riwayat penyakit maag, sarapan adalah salah satu cara untuk mencegah kambuhnya maag. Lambung yang kosong dapat mengakibatkan rasa perih sehingga memunculkan sakit maag. Dengan sarapan dapat membuat lambung terisi makanan sehingga dapat menetralisi asam lambung.

2. Sumber Energi
Saat baru memulai aktivitas di pagi hari, tubuh yang fit sangatlah di perlukan, tetapi bagaimana jika tubuh kita kurang fit dan cepat lelah?
Oleh sebab itu tubuh sangat memerlukan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas di pagi hari, dan sarapan dapat membantu dalam memberikan energi tambahan yang dapat menunjang aktivitas sepanjang hari, karena dengan sarapan tubuh akan memiliki bensin yang cukup dan dapat memberikan kekuatan saat memulai aktivitas.

3. Meningkatkan Konsentrasi
Kadar gula yang cukup akan meningkatkan konsentrasi saat memulai aktivitas. Dengan sarapan yang rutin dapat memperbaiki kadar gula yang menurun selama kita tidur. Karena otak sangat memerlukan asupan energi untuk berfikir dengan daya konsentrasi yang tetap baik.
Hasil penelitian menunjukkan hal positif bahwa sarapan dapat membantu konsentrasi dan kemampuan otak untuk berfikir. Jadi buat kita yang kurang konsentrasi mulailah dengan Sarapan di pagi hari yaa.

4. Mengontrol Berat Badan dan Diet
Bagi yang memiliki berat badan dan berencana untuk diet, maka sarapan pagi menjadi salah satu solusinya, mengapa? Karena dengan Sarapan pagi dapat membantu menghindarkan kita dari rasa lapar yang berlebih, sehingga dapat mengontrol naiknya berat badan. Dari penelitian yang di lakukan para ahli dan berbagai universitas membuktikan bahwa sarapan dapat membantu dalam hal diet loh, sarapan juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat membantu membakar lemak yang ada di dalam tubuh kita.

5. Mengurangi Resiko Stres dan meningkatkan mood
Aktivitas yang padat dan berat dapat menimbulkan tekanan bahkan emosi yang tidak terkontrol dari dalam tubuh kita serta membuat kita stres terlebih saat dalam keadaan perut yang kosong dan di tambah dengan kondisi cuaca yang tidak baik. Sehingga mamfaat sarapan inilah yang sangat penting dan dapat mengurangi resiko stres sehingga aktivitas yang sedang di kerjakan dapat terlaksana dengan baik. Dengan sarapan di pagi hari juga dapat meningkatkan mood yang lebih baik di banding ketika tidak sarapan.

6. Menyehatkan Tubuh
Mamfaat sarapan lainnya yaitu dapat membantu menyehatkan tubuh kita. Salah satunya dengan sarapan dapat menghindarkan tubuh kita dari kolestrol, hal ini karena sarapan mampu mendorong metabolisme tubuh. Selain itu mamfaat sarapan pagi dapat memberikan kesehatan jangkah panjang dan menghindarkan dari penyakit seperti jantung, tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes, dan dengan sarapan pagi beberapa penyakit tersebut dapat teratasi.

Demikian beberapa mamfaat Sarapan di Pagi hari, dan mari kita tingkatkan kesehatan tubuh kita melalui tindakan-tindakan kecil tetapi dapat memberikan mamfaat yang panjang bagi tubuh kita😇.