Cara mengatasi LUKA BAKAR pada Kulit dengan menggunakan Tanaman SAMBILOTO

Tanaman Sambiloto dengan nama latin Adrographis panuculata (Burm.f.) Nees merupakan tanaman semusim yang masuk suku jeruju-jerujuan ini tumbuh liar di tempat-tempat terbuka seperti di pinggir jalan, di ladang, tanah kosong yang tanahnya agak lembab, atau di tanam di pekarangan sebagai tanaman obat.
Tinggi tanaman ini sekitar 40 - 90 cm, dengan batang bersegi empat dan nodus yang membehsar dan banyak yang bercabang  serta daun yang tunggal dengan letak berhadapan silang bentuknya lanset dengan pangkal runcing dan ujung daun meruncing. Tepi daun rata, permukaan atas berwarna hijau tua dan permukaan bawah berwarna hijau muda.

Kandungan Kimia dari tanaman Sambiloto yaitu mengandung laktone dan flavonoid. Laktone yang diisolasi dari daun dan percabangannya yaitu deoxy-andrographolide, andrographolide (zat pahit), neoan drographolide, 14-deoxy-11, 12-didehydroandrographolide dan homoandrographolide. Juga terdapat flavonoid, alkane, ketone dan aldehyde, selain mineral seperti kalium, kalsium, andrographin, panicolin, mono-o-methylwithtin dan apigenin -7,4-dimenthyl ether.

Di Indonesia, tanaman sambiloto merupakan tumbuhan yang cukup terkenal sebagai tanaman herbal atau yang memiliki khasiat sebagai obat yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai keluhan atau gejala penyakit yang sering terjadi.

Dan salah satu mamfaat dari sekian banyak mamfaat lainnya bila menggunakan sambiloto sebagai obat herbal yaitu dapat mengatasi Luka Bakar pada kulit kita.

Dan untuk mengatasi luka bakar tersebut cukup dengan menggunakan daun sambiloto.

Caranya : 

  • Ambil daun sambiloto 10 - 15 lembar yang kering.
  • Kemudian cuci sampai bersih dan tunggu hingga daun kembali mengering.
  • Haluskan daun sambiloto sampai menjadi bubuk.
  • Lalu Oleskan pada kulit yang terkena luka bakar.
  • Tunggu sekitar 30 menit kemudian bilas dengan air yang bersih.


Cara lainnya yaitu:

Masih menggunakan daun sambiloto yang kering dan bersih. Daun yang kering di giling atau di haluskan hingga menjadi bubuk. Campurkan dengan minyak kelapa dan aduk hingga merata
Kemudian kompres di bagian yang terkena luka bakar.


Itulah cara menggunakan daun sambiloto untuk mengatasi luka bakar pada kulit. Untuk mendapatkan hasil yang baik, gunakan sambiloto secara rutin dan teratur hingga luka bakar pada kulit benar-benar sembuh.
Semoga artikel ini dapat bermamfaat ya.