Tips menambah NAFSU MAKAN dengan mengkonsumsi CABE RAWIT



Cabe rawit, merupakan tanaman yang sering di tanam orang bahkan juga tumbuh liar di sekitar tanah kosong yang terlantar. Tanaman ini berasal dari Amerika topik dan menyukai daerah yang kering dari 0,5 - 1.250 m di atas permukaan laut. Cabe rawit ini di kenal dengan tiga varietas yaitu cabe rawit/cengek leutik, cengek domba/cengek bodas dan ceplik.

Cabe rawit memiliki batang yang berbuku-buku dan bagian atasnya bersudut serta tidak berambut. Cabe rawit berdaun tunggal dengan ujung yang meruncing dan memiliki pangkal yang menyempit bergabung dengan tangkai yang panjang serta mahkota bunga yang berbentuk bintang berwarna putih kehijauan dan terkadang berwarna ungu.

Cabe rawit juga memiliki buah yang tegak, kadang merunduk bentuk bulat memanjang, lurus atau bengkok memiliki panjang 1 - 3 cm, an lebar 2,5 - 1 mm bertangkai panjang serta ujung meruncing dan memiliki rasa yang pedas. Buah muda berwarna putih atau hijau tua terkadang juga berwarna putih kehijauan, bila masak akan berwarna merah terang, memiliki biji yang banyak. 
Buahnya bisa di gunakan sebagai sayuran, bumbu masakan, acar bahkan asinan. Dan daun mudahnya juga dapat dikukus untuk lalab. 

Kandungan Kimia Cabe rawit, yaitu buahnya yang mengandung kapsaisin, capsantin, carotenoid, alkaloid atsiri, resin, minyak menguap, Vitamin A dan C. Kemudian bijinya juga mengandung Solanine, Solamidine, Solamargine, Solasodine serta Solasomine.


MAMFAAT MENGKONUMSI CABE RAWIT

Salah satu mamfaat bila mengkonsumsi cabe rawit ini yaitu dapat Menambah Nafsu Makan pada seseorang. 
Mengapa demikian? Karena seseorang yang mengkonsumsi cabe rawit ini akan mengalami peningkatan dalam nafsu makannya dikarenakan adanya penambahan atau peningkatan pada produksi hormon endophrin dalam tubuhnya, sehingga nafsu makan pada tubuh akan meningkat dengan mengonsumsi cabai rawit ini. Kandungan yang terdapat pada cabai rawit ini jugalah yang membuat menambahnya produksi hormon endophrin pada tubuh adalah capsaicin yang terkandung dalam cabai rawit. Bagian yang dipakai yaitu seluruh tumbuhan, akar batang, dan buah. 

Selain menambah nafsu makan, kegunaan lainnya dapat mengatasi Rematik, Sakit pada tubuh karena kedinginan, Kaki dan tangan, Bisul, dan juga dapat meningkatkan methabolisme tubuh.

Namun perluh di perhatikan ya bagi yang memiliki penyakit seperti usus, sakit tenggorokan, dan sakit mata, di anjurkan untuk tidak makan cabe rawit.

Semoga artikel ini dapat bermamfaat ya serta dapat menambah wawasan kita mengenai mamfaat mengkonsumsi Cabe Rawit.