Kumpulan FAKTA-FAKTA tentang ALKITAB yang mungkin belum kita tahu

Sebagai seorang Kristen Alkitab merupakan pedoman hidup yang paling utama. Karena di dalam Alkitab tertulis segala firman Allah, segala Perkataan Allah, di mana Allah berbicara kepada manusia secara tertulis. Alkitab adalah Firman Allah yang menjadi otoritas dan satu-satunya landasan praktik kehidupan orang percaya. Alkitab merupakan Firman Allah yang di tulis oleh orang yang di pakai oleh Allah yang telah menerima wahyu dan ilham Allah yang di gerakkan dan di nafaskan Allah.

Dalam penjualannya, Alkitab adalah buku yang paling laris di dunia, dan sekitar 50 buku dapat terjual setiap waktu belum termasuk yang di download ke perangkat electronic. Di RRC dalam seratus tahun terakhir Alkitab terjual sebanyak 350 juta jilid.


Alkitab sendiri ditulis lebih dari 40 orang yang berbeda dan dengan berbagai profesi. Alkitab di tulis dari tiga benua, yaitu: Asia, Afrika dan Eropa, dan Alkitab dalam jangka wakty 1500 tahun.
Kata "BIBLE" berasal dari bahasa Yunani "BIBLIA" yang berarti buku karena Alkitab terdiri dari gabungan buku-buku.

Alkitab terdiri dari 66 Kitab, di mana perjanjian lama sebanyak 39 Kitab dan Perjanjian baru sebanyak 27 Kitab yang terdiri dari 773.692 kata, 1.189 pasal, 30.861 ayat, dimana perjanjian lama ada 929 pasal dan 23.203 ayat sesangkan perjanjian baru ada 260 pasal dan 7.659 ayat.
Di dalam keseluruhan Alkitab, terdapat 8.674 bahasa ibrani yang berbeda, kemudian 5.624 bahasa Yunani yang berbeda serta 12,143 kata bahasa inggris yang berbeda pula.

Perluh kita ketahui bahwa mulanya Kitab Perjanjian Lama di tulis dalam bahasa Ibrani sedangkan Kita Perjanjian Baru di tulis dalam bahasa Yunani. Namun sampai saat ini Alkitab telah di terjemahkan kedalam 6000 bahasa lebih.

Apakah Anda tahu bahwa kitab terpanjang di dalam Alkitab adalah Kitab Mazmur dan kitab terpendek adalah Kitab II Yohanes, dan Mazmur 118 adalah pasal yang terletak persis di tengah Alkitab. Ada 594 pasal masing-masing sebelum dan sesudah Mazmur 118, apabila seluruh pasal Alkitab dijumlahkan, diluar Mazmur 118, seluruhnya berjumlah 1188 pasal.

Mirip dengan angka 1188, Mazmur pasal 118:8 juga merupakan ayat yang terletak di tengah-tengah alkitab. Bunyinya : "Lebih baik berlindung pada TUHAN dari pada percaya kepada manusia." Sebelum Mazmur 118, Mazmur 117 juga merupakan pasal terpendek dari Alkitab, setelah mazmur 118 pasal terpanjang di dalam Alkitab adalah Mazmur 119.

Mungkin di antara kita masih ada yang belum tahu bahwa total janji di dalam Alkitab adalah 1.260, kemudian total perintah sebanyak 6.468 bahkan di prediksi lebih dari 8.000, dan Nubuat yang sudah di genapi 3.268 sedangkan nubuat yang belum di genapi 3.140, selain itu jumlah pertanyaan yang ada di dlam Alkitab ada 3.294 pertanyaan.

Terjemahan Alkitab pertama kali diterjemahkan ke bahasa inggris dan dipelopori oleh John Wycliffe dan di selesaikan oleh Joh Purvey pada tahun 1288. Kemudian pertama kali di cetak dengan menggunakan mesin cetak yang pertama kali di lakukan oleh Johannes Gutenberg pada tanggal 15 Agustus Tahun 1456.

Pemisahan pada pasal Alkitab pertama kali di lakukan oleh Stephen Langton pada tahun 1228, dimana Perjanjian Lama di pisahkan dengan ayat yang di lakukan pertama kali oleh R. Nathan pada tahun 1488, dan perjanjian baru pertama kali di pisahkan dengan ayat Oleh Robert Stephanus pada tahun 1551.

Alkitab pertama yang di cetak dengan pemisahan ayat adalah perjanjian lama dengan Bahasa Latin yang di cetak oleh Pagninus pada tahun 1528, sedangkan Alkitan dengan Bahasa Inggris di lakukan pemisahan ayat dan pasal pertam kali oleh Geneva Bible pada Tahun 1560.

Dalam Khotbahnya saya seringkali mendengar Bapak Pendeta saya berkhotbah dengan mengawali khotbah menggunakan Kaliamat pertama yaitu "Pada Mulanya" dan ternyata kalimat pertama dalam Alkitab adalah kalimat “Pada Mulanya...” dan Kata terakhir yang tertulis di Alkitab adalah “Amin.”

Di dalam Alkitab Kalimat “Jangan takut” muncul sebanyak *365* kali,  sama jumlahnya hari dalam setahun. Artinya Tuhan menginginkan kita menjalani hidup ini tanpa rasa ketakutan.
Kemudian Kata "Kristen" di dalam Alkitab hanya muncul tiga kali, dan kata "Pujian dan Sukacita" dalam berbagai bentuk di sebut sebanyak 550 kali.

Waktu antara pasal 6 sampai pasal 7 Kitab Ezra, Confusius dan Budha meninggal pada 516 - 458 SM.
Kitab Ester dan Kitab Kidung Agung adalah kitab yang tidak pernah menyebut kata "TUHAN."
Kata terpanjang di Alkitab adalah "Mahershalalhashbaz" yang di temukan di Yesaya 8:1.
Dalam 260 Pasal Perjanjian Baru, kedatangan YESUS kedua kali ditulis sebanyak 318 kali, itu berarti lebih banyak janji kedatanganNya yang kedua kali dibanding jumlah pasal perjanjian baru.

Itulah sebagian fakta mengenai Alkitab yang mungkin bagi kebanyakan orang kristen bahkan saya sendiri masih belum tahu, dan saya menyimpan tulisan ini di dalam blog saya supaya saya bisa mempelajarinya lagi dan mengenal isi Alkitab lebih jauh lagi.
Semoga bermamfaat bagi kita semua Tuhan Yesus Memberkati😇.