Cara atau langkah-langkah MENYUSUN SKRIPSI bagi mahasiswa-mahasiswi semester akhir

Membuat skripsi adalah tujuan bagi semua mahasiswa yang ingin menyelesaikan pendidikannya di jenjang Strata Satu (S1), karena skripsi merupakan tugas akhir dari seluruh aktivitas perkuliahan seorang mahasiswa sebagai salah satu persyaratan untuk mendapatkan gelar S1.

Sumber:google

Skripsi merupakan karya tulis mahasiswa yang telah menyelesaikan kurang lebih 135 sks. Skripsi di tulis berdasarkan hasil penelitian lapangan dan atau studi kepustakaan yang di susun mahasiswa sesuai dengan bidang studinya sebagai tugas akhir dalam studi formalnya di perguruan tinggi. Skripsi dalam dunia pendidikan berarti suatu hasil penyusunan tulisan ilmiah yang telah di buktikan kebenarannya berdasarkan data-data yang telah di kumpulkan dan di olah untuk menjadi data yang valid sebagai bahan acuan dalam membuktikan kebenaran suatu tulisan tersebut.

Dalam penulisan skripsi, mahasiswa di bimbing oleh dua pembimbing yang berstatus dosen pada perguruan tinggi tempat mahasiswa kuliah yang biasa di kenal dengan istilah dosen pembimbing I dan II. Dan biasanya Dosen Pembimbing I memiliki peranan yang lebih dominan di banding dengan Dosen Pembimbing II.

Dan berikut ini adalah cara atau langkah-langkah dalam menyusun skripsi:

1. Judul Skripsi
Merupakan permasalahan atau variabel yang akan di bahas. Judul juga merupakan perincian atau penjabaran dari sebuah topik. Judul lebih spesifik dan sering menyiratkan buku, bab dalam buku, kepela berita, dan lain-lain, bersifat menjelaskan diri dan yang menarik perhatian dan adakalanya menentukan wilayah (lokasi), dan dalam artikel judul sering di sebut kepala tulisan.

2. Membuat Halaman Pengesahan
Halaman yang berisi pengesahan dari Dosen Pembimbing I maupun Dosen Pembimbing II yang berarti sudah menyetujui judul pada skripsi mahasiswa, dan juga halaman pengesahan berisi tanda tangan dari Dekan Fakultas.

3. Membuat Halaman penguji
Halaman yang berisi daftar nama-nama Dosen yang telah menguji seorang mahasiswa pada saat Ujian Sidang Skripsi (Pendadaran) yang di sertai dengan tanda tangan para Penguji skripsi.

4. Membuat Pernyataan keaslian skripsi
Sebuah pernyataan yang menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa skripsi yang telah di buat asli dan belum pernah di ajukan oleh mahasiswa di perguruan tinggi manapun dan di sertai sebuah matrai dan tanda tangan mahasiswa yang membuat pernyataan tersebut.

5. Membuat Riwayat hidup
Berisi data mahasiswa yang terdiri dari tempat, tanggal dan tahun lahir, dan anak keberapa serta berisi riwayat pendidikan bahkan daftar prestasi yang pernah di ikuti selama berada di bangku kuliah dan biasanya terdiri dari satu halaman.

6. Membuat Kata pengantar
Berisi ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah menolong dan menyertai mahasiswa selama pembuatan skripsi tersebut. Kata pengantar juga berisi ucapan-ucapan atau penghargaan seorang mahasiswa kepada Universitas baik itu Rektor, Dekan Fakultas, Ketua Jurusan dan Dosen Pembimbing I maupun Dosen Pembimbing II, serta kepada orang-orang yang telah membantu baik secara materi, tenaga, maupun doa termasuk kepada kedua orang Tua mahasiswa.

7. Membuat Abstrak
Merupakan sebuah ringkasan isi dari karya tulis ilmiah mahasiswa yang di tujukan untuk membantu seorang pembaca agar dapat dengan mudah dan cepat memahami tujuan dari penulisannya.

8. Membuat Daftar isi
Susunan halaman dan judul topik pada sebuah skripsi dengan tujuan memberi kemudahan bagi pembaca untuk membuka dan menemukan topik tertentu tanpa harus membuka satu per satu dari setiap lembar halaman.

9. Membuat Daftar tabel
Sama halnya dengan daftar isi, daftar tabel juga merupakan susunan halaman yang memberi kemudahan bagi para pembaca untuk menemukan dan melihat di mana saja letak tabel-tabel yang berisi data-data penelitan mahasiswa yang ada di dalam skripsi tersebut.

10. Membuat isi Bab I (Pendahuluan)
Pada bagian ini, mahasiswa wajib mengisi latar belakang dari skripsi yang akan di buat, dan biasanya latar belakang berisi pokok-pokok informasi permasalahan mengapa mahasiswa mengambil judul tersebut di sertai data yang valid, pada bagian ini penulis menguraikan apa yang menjadi ketertarikannya pada objek yang di teliti dan menjelaskan alasan dari penulisan yang di teliti.

Setelah itu penulis menentukan rumusan masalah dan apa yang menjadi tujuan mahasiswa dalam membuat skripsi serta mamfaat apa yang akan di petik oleh pembacanya.

11. Membuat isi Bab II (Tinjauan Pustaka)
Tinjauan pustaka berfungsi sebagai peninjauan kembali tentang masalah yang berkaitan dan tidak selalu harus tepat identik dengan bidang permasalahan yang di hadapi. Fungsi tinjauan pustaka merupakan hal yang mendasar dalam penelitian seperti yang di nyatakan oleh Leedy (1997) bahwa semakin banyak seorang peneliti mengetahui, mengenal dan memahami tentang penelitian - penelitian yang pernah di lakukan sebelumnya.

Pada bagian ini penulis memuat teori-teori yang berkaitan dengan objek penulisan yang di teliti. Penulis memuat pemikiran parah ahli yang terdahulu dan juga memuat pemikiran argumentasi yang telah di lakukan sebelumnya.

12. Membuat isi Bab III (Metode Penelitian)
Tata cara yang di miliki dan di lakukan oleh seorang mahasiswa dalam rangka meneliti dan mengumpulkan informasi atau data serta melakukan investigasi terhadap data yang telah di dapatkan tersebut.

Metode penelitian pada skripsi biasanya terdiri dari:
a. Jenis penelitian
b. Lokasi Penelitian
c. Sumber data
d. Teknik pengumpulan data
e. Teknik sampling
f. Pengujian validasi data
g. Teknik analisa data
h. Dll

Pengumpulan data dapat di lakukan melalui survei atau dengan menyusun kuisioner yang berisi berbagai pertanyaan dari bebrapa sampel yang akan di uji dan setelah mengumpulkan data selanjutnya di uji.

13. Membuat isi Bab IV ( Hasil dan Pembahasan)
Hasil penelitian yang di jabarkan, berisi penjabaran variabel data yang di teliti dan biasanya berbentuk table atau grafik. Bagian ini mengungkapkan hasil penelitian yang telah di teliti dan di buat dalam bentuk penjabaran atau penjelasan yang telah di buat atau dilampirkan, hasil penelitian tentunya di dasarkan pada teori yang ada pada bagian pembahasan teori dan kerangka pemikiran parah ahli.

14. Bab V ( Penutup)
Bagian terakhir dari penulisan karya ilmiah yang memuat kesimpulan berisi ringkasan garis besar dari hasil penelitian, dan juga berisi saran yang memberi masukan atau pendapat.

15. Daftar Pustaka
Berisi tentang referensi yang di gunakan para mahasiswa sebagai bahan dasar penulisan dalam karya ilmiah atau skripsi yang telah di buat.

16. Lampiran
Memuat dokumen-dokumen berupa surat-surat keterangan di mana mahasiwa mengambil dan mengumpulkan data pada skripsinya serta gambar atau foto di mana mahasiswa melakukan penelitan atau mengambil sampel.

Demikian cara atau langkah-langkah dalam menyusun skripsi, semoga dapat membantu para mahasiswa atau pejuang skripsi dalam menyusun skripsinya masing-masing.