Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KHASIAT BUAH MENGKUDU DAPAT MENYEMBUHKAN ASAM URAT HINGGA MENCEGAH KANKER DAN SAKIT LAINNYA

Buah mengkudu merupakan buah yang memiliki aroma yang sangat khas. Buah mengkudu mengandung banyak mineral dan memilki banyak mamfaat untuk kesehatan tubuh. Buah mengkudu termasukt anaman liar dan biasanya tumbuh di sekitaran hutan, ladang maupun sekitar pantai. Karena memiliki banyak mamfaat ada juga beberapa sebagian orang sengaja menanam mengkudu ini di sekitaran rumah mereka.

Bentuk dari buah mengkudu yaitu berbentuk bulat dan lonjong kemudian di sekitar kulitnya berbenjol-benjol dan berwarna hijau dan daging dari buah mengkudu berwarna kuning pucat dan jika sudah matang akan berbau busuk.

Rasa dari buah mengkudu itu sendiri tidak lezat tetapi beberapa orang mengkonsumsinya sebagai lalapan dan bahkan menjadikan salah satu dari bahan rujak dan banyak juga yang menjadikan buah mengkudu sebagai bahan obat herbal karena buah ini kaya akan vitamin C, vitamin A dan karoten.

Juga banyak mengandung senyawa aktif di antaranya alkaloid, polysaccharide, coumarin, linoleic, dan sterol di kutip dari buku Atlas Tumbuhan Obat Indonesia karya Setiawan Dalimartha.

Berikut ini beberapa mamfaat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh :

1. Mengobati Asam Urat

Penyebab timbulnya asam urat di karenakan adanya penumpukan kristal asam urat di sendi. Dan Asam urat adalah sejenis radang sendi yang menyebabkan nyeri pada sendi. 
Dengan mengonsumsi jus mengkudu di yakini dapat mengurangi asam urat di dalam darah  dan dengan demikian menurunkan resiko asam urat. Sebab buah mengkudu memproduksi senyawa yang mempu menghambat enzim xanthine oksidase yang menyebabkan asam urat muncul.

2. Mencegah Kanker Prostat

Menurut Pusat Nasional untuk kesehatan perlengkapan dan integratif, jus mengkudu memiliki sifat melawan tumor dan merangsang kekebalan. 
Karna buah mengkudu mengandung betah karoten yang bermamfaat mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas dan jika di konsumsi dalam waktu yang lama dapat menurunkan resiko kanker prostat.

3. Kolestrol

Bagi penderita kolestrol tinggi, maka buah mengkudu ini baik untuk di konsumsi, sebuah hasil penelitian ( kutip Kompas.com) menyatakan bahwa minum jus mengkudu secara rutin selama satu bulan bisa menurunkan kadar kolestrol jahat dalam darah secara signifikan.

4. Membantu Meningkatkan Fungsi Memori

Buah mengkudu memiliki mamfaat untuk membantu meningkatkan fungsi memori karena buah mengkudu memiliki kandungan nutrisi baik, yang dapat memberikan efek perlindungan dalam menyembuhkan masalah gangguan memori.
Dari hasil sebuah penelitian mengatakan bahwa dengan mengonsumsi buah mengkudu dapat mendorong aliran darah ke otak dan membantu meningkatkan fungsi memori yang lemah. 

5. Mengontrol Diabetes

Penderita diabetes dapat mengambil mamfaat mengkudu untuk mengontol diabetes dengan mengonsumsinya secara rutin.
buah dengan nama latin Morinda citrifolia ini telah menunjukkan efektivitasnya sebagai ramuan obat yang membantu mengurangi resiko diabetes tipe 2. 

Itulah beberap mamfaat dari buah  mengkudu bagi kesehatan tubuh. Meski memiliki banyak mamfaat bagi kesehatan tubuh, buah mengkudu yang telah di olah menjadi Jus tidak boleh di berikan kepada penderita penyakit gagal ginjal kronik karena jus dari buah mengkudu bisa meningkatkan jumlah kalium di dalam darah.