Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Kata-kata Ucapan SELAMAT HARI KARTINI 2022 dan Sejarah Singkat R.A KARTINI

SEJARAH SINGKAT R.A KARTINI

Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau dikenal sebagai R.A merupakan salah satu pahlawan nasional yang dikenal gigih memperjuangkan emansipasi wanita indonesia kala ia hidup.

Kartini merupakan puteri dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, seorang priyayi dari kalangan ningrat Jawa. Tokoh wanita satu ini sangat terkenal di Indonesia. Kartini tumbuh besar di lingkungan bangsawan dan memperoleh pendidikan yang cukup baik, tidak seperti kaum perempuan lainnya yang berasal dari kalangan rakyat biasa. Dan setelah Kartini menyelesaikan pendidikannya di ELS (Europese Lagere School) hingga usianya menginjak 12 tahun, Kartini hanya di wajibkan berdiam di rumah sesuai dengan tradisi jawa (dipingit).

Namun hal itu  tidak membuat seorang Kartini putus asa, malahan Kartini terus belajar dengan sendirinya, ia membaca banyak referensi dari Eropa bahkan ia juga berkorespondensi melalui surat dengan teman-temannya yang berasal dari Belanda.

Dari situlah rasa kepedulian Kartini terhadap perempuan mulai tumbuh, Kartini menginginkan agar kaum perempuan sebangsanya tidak lagi tertindas dan bisa ikut maju bersama-sama kaum pria. Kumpulan surat-surat Kartini itulah yang kelak diterbitkan dengan judul “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Perjuangan Kartini untuk memajukan kaum wanita di Hindia Belanda (nama Indonesia semasa masih dijajah Belanda) dimulai, termasuk dengan mendirikan sekolah wanita dengan dukungan sang suami, KRM Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, yang tidak lain adalah Bupati Rembang.

Namun sayang, di usia mudanya Kartini meninggal dunia, yaitu di usia 25 tahun, setelah beberapa hari melahirkan anak pertama sekaligus terakhirnya, Soesalit Djojoadhiningrat, pada tanggal 13 September 1904.

Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi Indonesia yang saat itu masih berada di bawah penjajahan kolonial Belanda. Tanggal kelahiran Kartini pun selalu diperingati setiap tahunnya untuk mengenang perjuangan dan pengabdian sang pendekar kaum wanita Indonesia.


KUMPULAN KATA-KATA UCAPAN SELAMAT HARI KARTINI :

Seperti yang kita ketahui pada tanggal 21 April setiap tahunnya di peringati sebagai hari Kartini oleh masyarakat Indonesia, dimana rakyat Indonesia di mulai dari anak-anak sekolah TK dan SD, tingkat SMA/SMK bahkan tingkat perguruan tinggi pun ikut merayakannya dengan menggunakan busana tradisional bahkan berbagai cara lainnya seperti Pawai, Perlombaan-perlombaan membaca puisi, dan cerdas cermat.

Cara lainnya yaitu dengan memberi kata-kata atau ucapan selamat hari Kartini yang di berikan/diucapakan kepada pahlawan kita seperti kepada Ibu sebagai sosok Kartini yang masih hidu yang telah berjuang melahirkan kita dan membesarkan kita,  kemudian juga kepada Ibu Guru yang telah berjasa memberikan ilmu dan wawasan yang luas, juga sahabat,  pacar bahkan juga kepada  Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau dikenal sebagai R.A Kartini yang dikenal sebagai salah satu pahlawan nasional dikenal gigih memperjuangkan emansipasi wanita indonesia kala ia hidup.

Berbagai kata-kata ucapan tersebut di antaranya:

"Terimakasih telah menolong kami sampai sekarang. Karena jika tidak tidak ada wanita sepertimu, Aku pikir aku tidak akan menjadi seseorang seperti sekarang. Selamat Hari Kartini".

"Selamat kartini hari ibu, adik ,dan pacar saya tercinta. Semoga jiwa kartini selalu dalam hatimu".

"Selamat Hari Kartini 2018 untuk seluruh wanita Indonesia, gapai cita citamu seperti langit yang tinggi karena semangat kartini muda akan selalu lebih baik daripada sebelumnya dan itu akan selalu berada didalam hati Wanita Indonesia".

"Selamat Hari Kartini untuk anda dan semoga anda Selalu menjadi wanita yang lebih baik untuk Indonesia. Membuat manis tanah air kita. Jangan menjadi orang yang lemah dan masih merasa nyaman dengan diskriminasi.

"Buatlah hidupmu menjadi berwarna dan buatlah ceritamu seperti R. A Kartini. Selamat hari Kartini"

“Selamat Hari Kartini untuk semua wanita di Indonesia. Tetaplah menjadi sosok yang tak pernah padam, dan selalu bersinar.”

"Selamat Hari Kartini. Habis Gelap Terbitlah Terang.”

“Mati satu tumbuh seribu. Kartini mungkin sudah tiada, namun semangat juangnya tidak boleh padam begitu saja. Maju terus para Kartini muda Indonesia. Selamat Hari Kartini 21 April 2018.”

“Selamat Hari Kartini untuk para wanita Indonesia, tetaplah menggapai mimpimu setinggi-tingginya.”

“Banyak hal yang dapat menjatuhkan kamu, namun satu-satunya hal yang benar-benar bisa menjatuhkanmu yaitu sikap kamu sendiri."

“Teruslah kamu bermimpi, teruslah untuk bermimpi, bermimpilah selama kamu bisa bermimpi! Jika tanpa mimpi, apakah jadinya hidupmu! Kehidupan yang sebenarnya sangatlah kejam. Selamat Hari Kartini 21 April 2018.”

“Teruslah berimimpi, teruslah bermimpi, bermimpulah selama engkau masih dapat bermimpi! Selamat Hari Kartini.”

“Majulah perempuan di Indonesia. Harumkan tanah air, jangan menjadi orang yang melemah dan diam melihat diskriminasi di Indonesia. Selamat Hari Kartini 21 April 2018.”

“Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan di Indonesia. Jadilah dian (pelita) yang tak pernah padam, selalu bersinar dengan kecerdasan yang kamu miliki. Selamat Hari Kartini.”

"Mimpi takkan pernah menjadi kenyataan jikalau kau hanya membisu dan tetap nyaman dengan diskriminasi. Selamat Hari Kartini 2018."

"Wanita yang mahir yakni wanita yang mampu mencapai prestasinya dan mampu menempatkan sebagai ibu di dalam rumahnya. Selamat Hari Kartini 21 April 2018 untuk wanita wanita Hebat di Indonesia."

"Menjadi wanita cantik saja tidak cukup , jadilah wanita yang berbudi pekerti dan taat pada Tuhan subhanallahu wata’ala. Selamat hari Kartini , semoga dikau yakni Kartini di masa kini."

Demikianlah Sejarah Singkat dan beberapa Kumpulan Kata-kata Ucapan Hari Kartini 2018 yang bisa kalian aplikasikan pada perayaan Hari Kartini pada Sabtu 21 April 2018. Dan semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.