Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Kata-kata Bijak dari MAHATMA GANDHI yang dapat memotivasi dan membangun


Mahatma Gandhi, (MOHANDAS KARAMCHAND GANDHI) adalah tokoh dari India yang lahir pada tanggal 2 Oktober 1869 ini terkenal sebagai pimpinan gerakan kemerdekaan India di Inggris ketika dikuasai oleh India. Mahatma Gandhi ini dibesarkan dari kasta keluarga tepatnya dipesisir gujarat India barat. Beliau adalah pemimpin unggul GERAKAN KEMERDEKAAN INDIA di inggris yang dikuasai oleh india.

Awal mula dari karirnyanya Mahatma Gandhi yaitu menjadi seorang pengacara di afrika selatan, dalam memperjuangkan hak-hak masyarakat penduduk sipil india yang tanpa menggunakan kekerasan dan pembangkangan. Mahatma Gandhi mulai mengorganisir para petani, buruh perkotaan yang tentunya untuk memprotes lahan pajak dan diskriminasi, Beliau telah menciptakan pengaruh kepada seluruh dunia karena kehidupan sederhana yang dijalaninya.

Namun, Gandhi meninggal mengenaskan. Pada 30 Januari 1948, tokoh yang melekat dengan rambut botak, tongkat dan kacamata ini tewas ditembak New Delhi oleh seorang pengikut nasionalis Hindu garis keras, Nathuram Godse. Kala itu, 65 tahun lalu, acara doa bersama di New Delhi berujung duka. Mahatma Gandhi ditembak dari jarak dekat saat berjalan menuju panggung di tengah-tengah keramaian warga India yang menantinya untuk memimpin doa.

Mahatma Gandhi, Ia dikenal sebagai tokoh perdamaian di India yang memberikan kontribusi besar terhadap dunia. Lewat ajarannya, India sejak pertengahan abad 20 berubah menjadi negara yang lebih santun dan damai. Karena keadilanya banyak orang yang mengenang salah satunya melalui kata-kata bijak yang di buat oleh Mahatma Gandhi.

Dan berikut ini adalah kumpulan kata- kata Bijak dan motivasi dari seorang Mahatma gandhi:

"Tanpa kekerasan adalah senjata milik orang yang perkasa"

"Kehidupan lebih besar daripada segala seni. Saya bahkan akan melangkah lebih jauh dan mengumumkan bahwa orang yang hidupnya mendekati sempurna adalah seniman terbesar, karena apalah artinya seni tanpa dasar yang pasti dan kerangka hidup mulia?"


"Bila kamu punya kebenaran, maka kebenaran itu harus ditambah dengan cinta, atau pesan dan pembawanya akan ditolak"


"Suka cita terletak pada perjuangan, usaha, termasuk dalam penderitaan, bukan pada kemerdekaan itu sendiri"

"Apa pendapat saya mengenai kebudayaan barat? Saya kira itu adalah gagasan yang sangat baik"


"Orang lemah tidak pernah bisa memaafkan. Memaafkan adalah sifat orang perkasa"


"Tidak ada kesia-siaan yang menguras tubuh kecuali kekhawatiran, dan orang yang punya keyakinan pada Tuhan seharusnya merasa malu kalau masih mengkhawatirkan sesuatu"


"Tidak ada orang yang dapat menyakitiku tanpa izinku"


"Ketika kamu berhadapan dengan musuhmu, taklukkan mereka dengan cinta"


"Jadilah bagian dari perubahan yang ingin kamu saksikan di dunia ini"


"Kehidupan membaca dan menulis merupakan salah satu dari banyak cara untuk mengembangkan intelektual, tetapi di masa lampau kita mempunyai raksasa – raksasa intelektual yang tidak dapat membaca"


"Karakteristik istimewa peradaban modern adalah tak terbatasnya bermacam – macam keinginan manusia. Karakteristik peradaban kuno adalah larangan keras dan aturan tegas atas keinginan -keinginan itu"


"Tuhan sendiri adalah hakim kebesaran sejati karena Ia mengetahui isi hati manusia"


"Seorang laki – laki tidak dapat berbuat benar di salah satu bagian kehidupan sedangkan ina berbuat salah di bagian lainnya. Hidup adalah keseluruhan yang tidak dapat dibagi"


"Lupa bagaimana menggali dan merawat tanah adalah lupa akan diri sendiri"


"Istri bukan merupakan budak suami, merupakan pendamping dan teman penolong suami serta mitra sejajar dalam suka dan duka, bebas memilih jalannya sendiri sebebas sang suami"


"Semua beasiswa anda, semua studi anda mengenai Shakespeare dan Wordswordth akan sia - sia jika pada saat bersamaan anda tidak membangun karakter Anda dan mencapai keahlian mencapai pemikiran dan tindakan anda"


"Menyebut perempuan sebagai jenis kelami yang lebih lemah adalah fitnah. Itu merupakan ketidakadilan laki – laki terhadap perempuan"


"Dibutuhkan iman yang luar biasa, iman dan penyerahan yang murni dari segala yang ada di hadapan kita"


"Musik kehidupan terancam hilang dalam musik suara"


"Pengetahuan sejati memberi kedudukan moral dan kekuatan moral"


"Sasaran pernah menjauh dari kita. Semakin besar kemajuan, semakin besar pengakuan atas ketidaklayakan kita. Kepuasan terletak pada usaha, bukan pada hasil. Usaha penuh adalah kemenangan penuh"


"Bukankah sejarah dunia menunjukkan bahwa tidak ada romantika kehidupan jika tidak ada resiko?"


"Semuanya berjalan baik meskipun segala sesuatu tampaknya salah sama sekali jika anda jujur terhadap anda sendiri. Sebaliknya, semuanya tidak baik bagi anda walaupun segala sesuatu kelihatan benar, jika anda tidak jujur terhadap anda sendiri"


"Satu-satunya penguasa yang saya akui di dunia ini adalah ‘suara hening kecil’ di dalam hati"


"Adalah dibawah martabat manusia jika seseorang kehilangan kepribadiannya dan menjadi tidak lebih daripada sebuah roda gigi pada mesin"


"Adalah dibawah martabat manusia jika seseorang kehilangan kepribadiannya dan menjadi tidak lebih daripada sebuah roda gigi pada mesin"


"Kebebasan individu dan kesaling-tergantungan keduanya penting dalam hidup bermasyarakat"


"Saya telah belajar dari pengalaman yang lebih pahit sebagai sebuah pelajaran paling penting; menyimpan amarah; dan ketika panasnya tersimpan, diubah menjadi energi, dengan demikian amarah yang terkendali dapat diubah menjadi kekuatan yang dapat menggerakkan dunia"


"Cinta tidak pernah meminta, ia senantiasa memberi, cinta membawa penderitaan, tetapi Tidak pernah berdendam, tak pernah membalas dendam. Di mana ada cinta di situ ada kehidupan, manakala kebencian membawa kepada kemusnahan."


 "Berperilaku jujur memang sulit, namun bukanlah berarti tidak mungkin di lakukan."


"Kasih yang merupakan bentuk tertinggi dan sikap tanpa kekerasan."


"Keindahan kebebasan, kebiasaan dan Tindakan bergantung pada diri mereka sendiri."


"Mereka yang berjiwa lemah tidak akan mampu memberi maaf yang tulus, pemaaf sejati hanya melekat bagi mereka yang berjiwa tangguh."


"Hiduplah seakan kamu akan mati besok. Belajarlah seakan kamu akan hidup selamanya."


"Be the change you Wind wish to see in the world"


"Dunia ini cukup untuk memenuhi kebutuhan manusia, bukan untuk memenuhi keserakahan manusia"


"Kehidupan lebih besar daripada segala seni. Saya bahkan akan melangkah lebih jauh dan mengumumkan bahwa orang yang hidupnya mendekati sempurna adalah seniman terbesar, karena apalah artinya seni tanpa dasar yang pasti dan kerangka hidup mulia?."


"Kemarahan adalah musuh dari kedamaian dan kebanggaan adalah monster yang akan menelannya."


"Kamu tidak seharusnya kehilangan kepercayaan pada kemanusiaan. Kemanusiaan itu seperti lautan, jika beberapa tetes dari air laut itu kotor, lautan sendiri itu tidak akan menjadi kotor."


"Kekuatan tidak berasal dari kemenanganmu, perjuanganmu lah yang mengembangkan kekuatanmu. Ketika kamu melewati waktu-waktu sulit dan memilih untuk tidak menyerah, itulah arti dari kekuatan."


"Pada suatu saat, kepemimpinan berarti otot, namun pada hari ini, makna kepemimpinan adalah berbaur dengan semua orang."


"Kamu tidak dapat bersalaman dengan tangan yang mengepal."


"Kekuatan tidak berasal dari kemampuan fisik, melainkan berasal dari tekad yang gigih."

"Doa adalah kunci dari pagi hari, ledakan dari sore hari."


 "Satu ons dari latihan jauh lebih berharga daripada satu ton dari berbicara panjang lebar."


"Ingatlah wajah-wajah orang yang mengalami kemiskinan dan orang-orang yang tak berdaya yang telah kamu lihat, dan tanya pada dirimu sendiri langkah apa yang akan kamu ambil untuk mereka."


"Ketika ada cinta, di situlah ada kehidupan."


"Kamu dapat mengekangku, kamu dapat menyiksaku, kamu bahkan bisa menghancurkan tubuhku, namun kamu tidak akan pernah memenjarakan pikiranku."


"Satu mata untuk satu mata hanya akan berakhir membuat seluruh dunia buta."


"Aku memiliki kepercayaan bahwa aku bisa melakukan, aku akan mencapai kemampuan untuk melakukannya, meskipun pada awalnya aku tidak memiliki kapasitas tersebut."


 "Hukum dari kasih bisa dipahami dan dipelajari dengan baik dari anak kecil."


"Untuk percaya pada sesuatu hal, namun tidak menghidupi hal tersebut, adalah suatu ketidakjujuran."


"Tidak ada yang lebih menghabiskan waktu daripada kekhawatiran, dan orang-orang yang mengaku percaya pada Tuhan patut malu apabila mereka khawatir mengenai sesuatu hal."

Itulah sebagian kata-kata bijak dari seorang Mahatma Gandhi yang sangat luar biasa yang dapat MOTIVASI dan bisa MEMBANGUN kita serta dapat memberi INSPIRASI bagi kita yang membacanya terlebih jika kita dapat mempraktekkannya dalam kehidupan kita. 
Semoga bermamfaat😇.