Khasiat mengkomsumsi BERAS MERAH bagi kesehatan tubuh

Banyak yang tidak suka mengkonsumsi beras merah, alasannya karena rasanya yang kurang enak di banding beras putih, padahal kalau kita ketahui beras merah banyak sekali khasiatnya loh di banding beras putih.
Beras merah atau brown rice adalah beras yang hanya mendapati setengah proses penggilingan saja, jadi bentuknya merupakan butiran-butiran utuh berwarna merah kecokelatan.
Beras merah mempunyai rasa yang khas dan teksturnya lebih kenyal dibanding beras putih. Perbedaan mendasar dari beras putih dan beras merah adalah tingginya nutrisi pada beras merah yang lebih berguna dan bermanfaat bagi tubuh, hanya saja kekurangannya adalah lebih cepat basi.

KANDUNGAN BERAS MERAH



Dari segi popularitas, beras merah kalah jauh dibanding beras putih. Dari segi rasa, beras putih juga lebih enak karena rasanya sedikit lebih manis. Namun jika dilihat dari kandungan nutrisinya, beras merah memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi.

Meski sama-sama beras, namun secara genetik beras merah dan beras putih berbeda. Warna merah pada beras merah berasal dari zat warna alami antosianin yang mempunyai sifat antioksidan, antikanker, antihipertensi, dan antihiperglikemik. Beras merah umumnya merupakan beras tumbuk (pecah kulit) yang dipisahkan bagian sekamnya saja. Proses ini hanya sedikit merusak kandungan gizi beras. Sedangkan beras putih umumnya merupakan beras giling atau poles, yang bersih dari kulit ari dan lembaga.
Dalam 1 cangkir nasi beras merah tumbuk mengandung 216,45 Kalori, 88% kecukupan harian (daily value – DV) mineral mangan, 27% DV selenium, 21% DV magnesium, 18,8% DV asam amino triptofan, 3,5 gram serat (beras putih mengandung kurang dari 1 gram), dan kandungan proteinnya 2-5% lebih tinggi dari beras putih. Selain itu, beras merah juga mengandung asam lemak alfa-linolenat, zat besi, vitamin B kompleks, dan vitamin A.


Berikut ini adalah mamfaat dan khasiat bila mengkonsumsi beras merah:

1. Mengandung Mineral Penting Untuk Menepis Radikal Bebas

Beras merah menjadi sumber mineral yang baik untuk tubuh. Beberapa diantaranya adalah mangan dan seng.
Mineral pertama: mangan, bertugas untuk menyiapkan energi bagi tubuh untuk mendukung berbagai aktivitas. Mangan juga termasuk ke dalam elemen penting dari enzim yang memiliki sifat antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang terbentuk setelah tubuh memperoleh energi.

Sementara mineral kedua: seng (zinc) memiliki aktivitas menyembuhkan luka dan menjaga mekanisme pertahanan tubuh (imunitas) agar berfungsi maksimal. Seng juga minreal yang bertindak sebagai antioksidan yang mendukung kinerja mangan atau zat besi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa merusak jaringan dan sel dalam tubuh.


2. Dapat Menurunkan Tingginya Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Sebuah penelitian melaporkan hasil bahwa beras merah mempunyai dampak terhadap penurunan jumlah kolesterol loh, karena komponen aktif yang bekerja di dalam beras merah ini bernama Monacolin K, yang mirip seperti lovastatin yang biasanya terkandung di dalam obat penurun kolesterol bernama Mevacor.
Kemudian, mengacu pada putusan Emedtv, The United States Food and Drug Administration kalau lovastatin adalah benar didapat dari obat tersebut, tetapi beras merah juga termasuk salah satu penyumbang lovastatin yang tidak termasuk ke dalam obat-obatan ataupun suplemen diet. Sambungnya, beras merah tidak direkomendasikan untuk orang yang memiliki penyakit liver dan yang sedang hamil karena bisa membawa efek samping seperti buang gas, mulas, dan pusing.


3. Dapat Mencegah Kanker

Beras merah memiliki kandungan polifenol serta selenium yang di yakini sebagai peranan untuk mencegah kanker usus besar. Selain itu, kandungan serat dan antioksidan yang tinggi tentu dapat membantu tubuh untuk menghindari berbagi macam jenis kanker yang di akibatkan oleh radikal bebas.


4.  Dapat menurunkan Glukosa Darah

Penelitian yang dilakukan oleh Departemen Ilmu Pangan di National Pingtung Universitas Sains dan Teknologi yang melibatkan tikus sebagai sasaran percobaan. Dimana beras merah diberikan kepada tikus yang menyimpan glukosa dalam jumlah banyak, dan pada tikus lain yang kadar glukosa darahnya normal.
Hasil yang didapat mengklaim kalau pemberian oral berupa ragi beras merah pada tikus yang berurusan dengan diabetes membawa perubahan terhadap penurunan jumlah glukosa darahnya. Meski penelitian ini menjadikan tikus sebagai ‘kelinci percobaannya’, pada poin pertama ini dapat memberi penjelasan alternatif.
Beras merah mengandung serat tinggi yang mampu memperlambat masuknya glukosa ke dalam darah. Dengan begitu, maka Anda tidak perlu khawatir lagi akan terkena diabetes meski beras merah juga mengandung karbohidrat kompleks. Bahkan, kita disarankan untuk mengganti beras biasa dengan 2 porsi atau lebih beras merah dalam seminggu untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2.


5. Mencegah Terjadinya Empedu

Beras merah makanan yang tinggi serat sangat dikaitkan dengan pencegahan batu empedu. Kemudian, serat ini sangat mudah di cerna sehingga dapat membantu di dalam melarutkan sisa-sisa makanan untuk membantu membentuk empedu yang sehat.


6. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan yang di dalam beras merah ini memiliki senyawa magnesium merupakan zat selain vitamin D dan kalsium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Kemudian, kandungan nutrisi magnesium juga terdapat pada beras merah sehingga dapat membantu kesehatan tulang.

Magnesium merupakan nutrisi ideal untuk mendukung kesehatan tulang kita. Dengan tercukupinya magnesium, maka struktur tulang tetap terbangun dan kondisinya lebih sehat serta kuat. Sedangkan kekurangan magnesium dapat menyebabkan osteoporosis dan menurunkan kepadatan tulang di kemudian hari. Rutin mengonsumsi nasi merah ternyata tidak hanya meningkatkan kesehatan tulang, melainkan menghindari dan meredakan masalah sendi.


7.  Membantu Program Diet

Kebanyakan orang sudah merasakan kemampuan beras merah untuk menurunkan berat badanya. Selain memilki kandungan rendah kalori pada makanan ini akan sangat efektif untuk membantu anda di dalam mencegah perut buncit atau kelebihan kalori.
Makanan seperti beras merah adalah biji-bijian dan rendah kepadatan energi, sehingga akan membantu kita membuat hal ini lebih mudah di lakukan. Kandungan glimeks rendah pada makanan ini sangat baik bagi kita yang menjalankan program diet.
Sebuah studi yang dilakukan selama enam minggu dan diterbitkan dalam “Nutrition Research” pada bulan Februari 2008 ini, membandingkan manfaat penurunan berat badan dari makanan pengganti nasi putih dengan makanan campuran beras merah dan hitam.
Peserta penelitian yang mengkonsumsi makanan campuran beras merah, kehilangan berat badan dan lemak tubuh lebih banyak, jika dibandingkan dengan partisipan yang mengkonsumsi hanya makanan pengganti nasi putih saja.


8. Dapat Membantu Menurunkan Risiko Obesitas

Mengenai manfaat beras merah untuk diet sudah pasti untuk mengurangi beberapa kilogram berat badan hingga mencapai porsi ideal. Dengan dibantu beras merah yang selalu membuat perut merasa kenyang untuk waktu yang sangat lama, tentunya benar-benar membantu kita terhindar dari keinginan makanan yang kemungkinan tinggi kandungan lemaknya dan memicu obesitas. Jadi jelas, beras merah menjadi solusi sederhana agar terhindar dari obesitas.


9. Baik untuk Pencernaan

Kandungan di dalam nasi beras merah memiliki senyawa serat tinggi yang menyehatkan pencernaan sehingga menghindari permasalahan kesehatan yang dapat muncul di kemudian hari. Jadi untuk saat ini mengonsumsilah makanan alami untuk menjaga kesehatan tubuh sebagi jangka panjang. Kemudian, serat ini sangat baik untuk usus serta membantu melancarkan metabolisme tubuh kita.


10. Membantu Kulit Lebih Awet Muda

Beras merah sarat akan antioksidan yang efektif memberi dukungan pada tubuh untuk menangkal radikal bebas. Disamping itu, antioksidan juga mempunyai kontribusi untuk menghindari munculnya garis-garis halus dan kerutan pada kulit. Sekarang ini sudah banyak perusahaan yang mempercayakan produknya pada beras merah sebagai bahan utama produksi produk perawatan kulit.
Kita pun bisa membuatnya sendiri. Simpel saja, coba buat air tajin beras merah, dan usapkan secara rutin untuk kulit, lihat hasilnya.


11. Dapat Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat beras merah untuk kesehatan salah satunya dapat menurunkan jumlah kolesterol. Tentu dengan menurunnya angka kolesterol tubuh pada gilirannya membawa rentetan dampak baik pada organ lain, seperti jantung.
Dengan berkurangnya jumlah kolesterol, terutama LDL (low-density lipoprotein) dalam darah bisa meminimalisir pembentukan plak di dalam dinding arteri yang pada tahap selanjutnya akan mempersempit ukuran arteri dan menjadi pemblokir yang akhirnya menyebabkan serangan jantung. Jadi, dengan berkurangnya total kolesterol dapat mengurangi kemungkinan terserang penyakit jantung.

Manfaat ini telah dibuktikan oleh hasil studi yang dilakukan oleh David Becker dan Ram Gordon, dua orang ahli jantung dari Chestnut Hill Hospital pada tahun 2009. Mereka membawa laporan kalau kadar kolesterol LDL yang berkurang pada pasien yang menerima beras merah lebih tinggi ketimbang pasien lain yang mendapat tindakan plasebo (pengobatan yang tidak berdampak atau penanganan palsu dengan tujuan mengontrol efek dari pengharapan atau zat/obat tidak aktif yang tampak sama dan diberikan pada pasien dengan cara yang sama seperti obat aktif atau pengobatan yang diuji).


12. Mengandung Vitamin B6

Vitamin B6 tergabung ke dalam Vitamin B kompleks yang terdapat di dalam beras merah. Hanya dengan mengonsumsi satu porsi beras merah, maka kebutuhan vitamin B6 tubuh akan terpenuhi sebanyak 23%, jumlah ini bisa membawa kemajuan pada berbagai fungsi organ. Vitamin ini diperlukan tubuh untuk membantu menyeimbangkan pengembangan serotonin (hormon yang membantu menciptakan DNA).

Itulah beberapa mamfaat atau khasiat dari beras merah yang perluh kita ketahui. Semoga dapat bermamfaat dan dapat menambah wawasan kita ya, dan semoga kesehatan kita semakin hari semakin meningkat dengan rutin mengkonsumsi makanan yang sehat.