Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENYEBAB BESER ATAU SERING BUANG AIR KENCING PADA WANITA DAN CARA MENGATASINYA

Beser merupakan gangguan pada tempat penyimpanan dan pengosongan urine. Beser dalam arti lain sering membuang air kencing melebihi batas normal dan pada umumnya ini lebih sering terjadi pada kalangan wanita.
Penyebab Beser di sebabkan akibat adanya infeksi pada kandung saluran kemih misalnya sedang hamil, memiliki gangguan prostat, sakit stroke, atau penyakit saraf lainnya yang dapat mejadi penyebab beser secara terus menerus. 

       gambar : google

Beser atau buang air kecing seacara terus menerus atau melebihi batas normal sangatlah mengganggu aktivitas sehari-hari terutama pada saat tidur. karena normalnya manusia beser satu empat hingga delapan kali sehari.
Kandung kemih pada tubuh manusia dapat menampung urine atau air kencing sebanyak 600 ml dan jika rasa ingin membuang air kencing mulai muncul ketika kandung kemih sudah memuat urine sebanyak 150 ml.  

penyebab beser pada wanita juga dapat terjadi akibat pola hidup yang kurang sehat, seperti seringnya mengonsumsi kopi, minuman manis, dan juga teh dapat memproduksi jumlah urine lebih banyak. karena jenis minuman tersebut bersifat diuretik. Hal lainnya karena sedang berada di tempat yang bercuaca dingin. 

Ada beberapa cara yang dapat di lakukan untuk mengatasi beser atau buang air kencing secara terus menerus :

1. Menahan atau melatih diri agar tidak sering beser

Pada umumnya menahan air kencing secara terus menerus tidaklah baik pada kesehatan tubuh terlebih dapat menimbulkan suatu penyakit yang berbahaya. Namun dalam hal ini, jika merasa sebentar-bentar atau kurang dari tiga menit ingin kencing kalian dapat melakukan ini, yaitu melatih diri untuk menahan buang air kencing setiap 1 sampai 2 jam sekali agar kemampuan kandung kemih anda untuk menahan kening akan meningkat dan rangsangan untuk membuang air kecing juga dapat meningkat.

2. Latihan Kegel

Cara mengatasi beser juga dapat kalian lakukan dengan berlatih kegel. Karena latihan kegel berfungsi untuk engenangkan otot-otot panggul. 
caranya yaitu dengan temukan otot panggul bawah terlebih dahulu karena otot panggul bawah adalah otot yang anda gunakan ketika sedang menahan kencing  dan buang air besar. selanjutnya tahan otot panggul bawah selama tiga detik lalu lepaskan, lemaskan otot selama tiga detik lalu mulai lagi seperti sebelumnya. Lakukan gerakan ini dengan pengulangan  sepuluh kali dan latihan ini juga dapat kalian lakukan selama tiga hari sekali.

3. Atur jumlah air yang di minum

Normalnya orang dewasa membutuhkan asupan cairan dalam sehari sebanyak dua liter. Cairan tersebut sudah termasuk air putih, airan dari buah atau makanan serta minuman lain yang di konsumsi. Dan air mineral yang sangat di anjurkan dengan cara kalian mengatur jumlah terlebih saat sedang dalam cuaca yang panas atau berolahraga dan aktifitas fisik lainnya yang berat.

4. Hindari minuman yang memicu beser

Pola hidup yang sering berubah-ubah kadang tidak di sadari. Keinginan untuk meminum minuman yang kurang sehat sering di lakukan seperti banyak yang menggemari minuman manis, kopi, atau teh yang berisiko menyebabkan obesitas dan diabetes. Minuman manis tersebut dapat menyebabkan produksi urine meningkat sehingga anda kan menjadi beser.

5. Periksa ke Dokter 

Jika beberapa langkah-langkah di atas telah anda lakukan namun belum ada perubahan pada kondisi beser anda, sebaiknya periksakan diri ke Dokter dan Dokter akan memberikan anda obat untuk mengatasi beser karena kondisi ingin buang air kencing secara terus menerus dapat menjadi tanda timbulnya penyakit tertentu.