Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KHOTBAH KRISTEN UNTUK PEMUDA "TENANG DI TENGAH BADAI"

Shalom sahabat asha.com, salam sehat untuk kita semua, semoga senantiasa dalam penyertaan Tuhan Yesus Kristus amin.

pada kesempatan ini asha.com akan berbagi judul dan beberapa point khotbah kristen untuk pemuda. khotbah ini di catat dalam mengikuti ibadah yang di sampaikan oleh salah satu Hamba Tuhan yang ada di Samarinda. 


JUDUL     : TENANG DI TENGAH BADAI

NAS         : MATIUA 14 : 22 - 32

"Sesudah itu Yesus segerah memerintahkan murid-murid-Nya naik ke perahu  dan mendahului-Nya ke seberang, sementara itu Ia menyuruh orang banyak pulang. dan setelah orang banyak itu di suruh-Nya pulang, Yesus naik ke atas bukit untuk berdoa seorang diri. ketika hari sudah malam, Ia sendirian di situ.perahu murid- murid-Nya sudah berapa mil jauhnya dari pantai dan di ombang-ambingkan gelombang, karena angin sakal. kira-kira jam tiga malam datanglah Yesus kepada mereka berjalan di atas air. ketika murid-murid-Nya melihat dia berjalan di atas air, mereka terkejut dan berseruh "itu hantu", lalu berteriak-teriak karena takut. tetapi segera Yesus berkata kepada mereka: tenanglah, Aku ini, jangan takut. lalu Petrus berseruh dan menjawqab Dia : "Tuhan apabila engKau itu, suruhlah aku datang kepada-Mu berjalan di atas air". kata Yesus: "Datanglah" maka Petrus turun dari perahu dan berjalan di atas air dan mendapatkan Yesus. tetapi ketika di rasanya tiupan angin, takutlah ia dan mulai tenggelam lalu berteriak: "Tuhan tolong aku". segera Yesus mengulurkan tangan-Nya memegang Dia dan berkata: "Hai orang yang kurang percaya, mengapa engkau himbang?". lalu mereka naik ke perahu dan angin pun redah.

RENUNGAN :

Ketakutan membuat kita tidak bisa berfikir secara jernih, sehingga sulit untuk membedakan mana yang baik dan yang tidak baik. Tetapi Yesus datang membawa ketenangan dan berkata jangan takut (ayat 26 - 27).

Apakah saat ini kita berada dalam ketakutan ?

Pikiran kita memiliki kendali yang besar dalam hidup, oleh sebab itu kuasai pikiran kita dengan firman Tuhan, agar saat kita dalam masalah kita dapat menghadapi segala ketakutan dengan tenang. karena yang di butuhkan seseorang dalam menghadapi badai adalah 'KETENANGAN".

Orang yang takut menghadapi badai, itu karena kurangnya iman dalam hidupnya, di mana rasa takut lebih besar di bandingkan dengan iman yang di miliki (ayat 30-31). 

Mengapa ada badai di dalam hidup kita ?

  • Agar kita tahu apakah kita hidup dalam Firman Tuhan atau tidak
  • Apakah kita benar-benar seorang kristen  atau Pengikut Kristus yang sejati 

KESIMPULAN : 

Saat badai menerpa kehidupan kita, tetaplah berseruh kepada Tuhan, Jangan takut dan jangan bimbang, tetap kuatkan iman, teguhkan hatimu dan percayalah dengan sungguh - sunguh kepada Tuhan Yesus yang adalah sumber ketenangan di saat badai hidup menerpa. amin

 

Puji nama Tuhan

Demikianlah catatan khotbah yang di share untuk sahabat asha.com, kiranya artikel ini memberkati kita semua. shalom