10 Mamfaat Serta Alasan Memilih Berolahraga Lari ( JOGGING) di Sore Hari

Salah satu bentuk olahraga yang banyak di sukai orang adalah lari (Jogging). Bentuk olahraga ini di pilih selain sederhana juga karena tidak menggunakan gerakan yang sulit dan tidak perluh di pelajari bahkan juga tidak perluh mengeluarkan biaya yang besar. Dan sebagian orang sering memamfaatkan waktu lari ini baik di pagi hari, sore hari,  bahkan ada juga yang memilih lari di malam hari.

Pilihan untuk berolahraga lari setiap harinya terkadang di sesuaikan dengan aktivitas seseorang atau bahkan karena menginginkan suasana yang berbeda.  Ada yang memilih lari pagi karena ingin suasana sejuk dan tenang, ada yang memilih lari di sore hari karena ingin suasana yang ramai atau setelah kegiatan-kegiatan yang lainnya selesai, dan bahkan ada yang memilih lari di malam hari karena salah satunya tidak ingin terpapar oleh sinar matahari atau karena kesibukan yang membuat seseorang tidak sempat berolahraga di pagi atau sore hari .

Dan jika seseorang melakukan olahragah lari ini dengan rutin setiap harinya, maka akan memberikan banyak mamfaat bagi kesehatan tubuh.

Namun kapankah waktu terbaik untuk berolahraga lari. Apakah di pagi hari,  sore hari atau bahkan malam hari?


Memang sejauh ini belum ada penelitian yang mejelaskan kapan waktu terbaik untuk lari, namun perluh di ketahui bahwa kebanyakan orang lebih suka memilih waktu lari (jogging) di sore hari di bandingkan pagi atau malam hari. Mengapa demikan?
Ternyata hal itu terjadi karena:

1. Mulai pada pukul 2 sampai dengan pukul 6 sore, performa tubuh kita akan meningkat sehingga lebih efektif saat berlari.

2. Lari sore dapat membantu menghilangkan stres/ketegangan pada tubuh anda.

3. Saat sore hari detak jantung dan tekanan darah akan mengalami penurunan sehingga akan dapat mengurangi resiko cidera ketika performa tubuh meningkat.

4. Memperkuat sendi dan tulang,  karena semakin sering kita menggerakkan sendi pada saat berlari sendi akan semakin lentur begitupun dengan tulang, sehingga mengurangi potensi pengapuran tulang pada usia dini.

5. Menjelang petang, kemampuan penyerapan oksigen akan tinggi sehingga anda dapat memiliki reaksi yang lebih saat berolahraga dengan intensitas tinggi.

6. Lari sore akan berpengaruh positif pada kualitas tidur. Dan Anda dapat tidur lebih nyenyak dan lama di malam hari dibanding saat berolahraga di pagi hari.

7. Dapat menjaga kondisi berat badan atau menurunkan berat badan khususnya bagi yang memiliki lemak yang berlebih (membakar kalori).

8. Menyehatkan Jantung,  karena pada saat kita berlari jantung kita sedang memompa banyak darah seiring dengan gerakan kita dan membantu menghasilkan darah yang lebih segar dari oksigen yang terus menerus kita hirup.

9. Dapat meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh.

10. Dengan lari sore, anda tidak perlu bersusah payah lagi untuk bangun lebih awal di pagi hari dan pergi berolahraga.

Inilah beberapa alasan mengapa kebanyakan orang lebih memilih berolahraga lari di sore hari. Bukan berarti lari di pagi atau malam hari tidak bermamfaat, pilihlah waktu yang menurut anda merasa nyaman bagi tubuh anda untuk berolahraga lari. Namun di sarankan untuk tidak berolahraga terlalu malam karena tubuh membutuhkan waktu untuk rileks sebelum tidur.
Lebih baik anda mengatur waktu untuk lari di sore hari sehingga malamnya anda dapat beristirahat dengan baik. Dan akan lebih baik juga bila anda melakukannya dengan rutin.

Demikian informasih yang dapat saya bagikan semoga dapat bermamfaat untuk kita semua.