Macam-macam Mamfaat Daun Jarak Pagar Bagi Kesehatan Dan Cocok Untuk Segala Usia



Daun jarak pagar bukanlah tanaman yang sulit untuk kita temui, karena tanaman ini mudah tumbuh bahkan di sekitar rumah kita.
Daun jarak pagar memang sudah sangat lazim digunakan orang sebagai tanaman herbal. Tanaman yang dikenal sebagai apotik hidup itu, sudah banyak yang mencarinya untuk di jadikan sebagai bahan pengobatan herbal karena dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, dan tidak hanya dapt digunakan untuk orang dewasa saja, melainkan segala usia termasuk untuk bayi.
Berikut ini macam-macam mamfaat dari daun jarak pagar bagi kesehatan kita:


1. Dapat menyembuhkan Sakit Gigi

Banyak orang mengatakan lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati. Kenapa? karena sakit gigi memang sakitnya sangat luar biasa dan tidak dapat di abaikan begitu saja sebab akibatnya bisa sangat fatal, selain sakit yang berkepanjangan, sakit gigi juga dapat mengakibatkan seseorang meninggal.
Oleh sebab itu bagi kita yang sering mengalami sakit gigi, jangan kawatir karena banyak sekali obat-obat herbal di sekitar kita yang dapat di mamfaatkan untuk mengobati rasa sakit gigi atau area gigi kita yang berlubang.

Salah satunya adalah dengan memamfaatkan daun jarak pagar. Cukup dengan meneteskan getah daun jarak pagar pada gigi berlubang yang sakit, maka zat antimikrobanya akan bekerja efektif untuk mengurangi rasa nyeri pada gigi kita.


2. Menurunkan Deman dan Panas pada Bayi

Ketika seorang ibu melihat bayi kesayangannya sedang deman atau badanya panas, pasti rasa cemas akan muncul terlebih saat kondisi keuangan sedang menurun dan tidak cukup untuk membawa bayi berobat membuat seorang ibu tambah kawatir dan bingung. Dan seorang ibu harus pintar memamfaatkan tanaman herbal seperti daun jarak pagar. Karena demam atau panas bukanlah suatu penyakit melainkan gejala dari suatu penyakit. 

Oleh sebat itu segera turunkan demam atau panas si kecil agar tidak menimbulkan masalah kesehatan lain. Dengan cara memamfaatkan tanaman herbal yang mudah di temui seperti daun pagar jarak pagar. 
Untuk menurunkan panas si kecil, tinggal basahi beberapa lembar daun jarak pagar yang sudah bersih, kemudian tempelkan pada dahi dan ubun-ubun si kecil. Tunggu beberapa saat, maka panas akan turun perlahan.
Dan jika si kecil sedang deman, kita bisa gunakan 2 bahkan sampai 3 helai daun jarak pagar yang sudah bersih, kemudian olesi minyak makan yang masih baru, panaskan daun diatas api kompor selama 2 menit sampai panasnya terasa merata, lalu letakkan daun pada perut dan punngung bayi atau agar tidak mudah lepas, dapat juga dipasangkan dalam gurita bayi maka demam bayi perlahan akan sembuh.


3. Menyembuhkan Kelumpuhan Otot Wajah

Bagi kebanyakan orang pria maupun wanita, memiliki kulit wajah yang sehat dan kencang adalah dambaan semua orang. Dan ketika kulit wajah mulai mengkerut karena otot wajah yang mengendur maka berbagai cara dapat di lakukan untuk membeli produk-produk yang dapat mengencangkan kembali kulit wajah kita.

Nah, jangan sampai wajah Anda yang cantik menawan berkurang karena otot wajah yang mengendur. Maka dari itu, rutinlah menempelkan daun jarak pada wajah Anda untuk mencegah kelumpuhan otot wajah. Namun pastikan daun yang Anda gunakan sudah terbebas dari kuman dan bakteri ya.


4. Mengatasi Pembengkakan

Pembengkakan yang diakibatkan oleh gigitan serangga atau benturan, juga bisa diminimalisir dengan daun jarak pagar loh. 
Caranya sangatlah mudah, yaitu dengan menempelkan tumbukan daun jarak pagar yang bersih pada permukaan kulit yang mengalami pembengkakan tersebut. Kemudian tutup atau bungkus daun jarak pagar dengan perban dan gantilah setiap hari selama tubuh kita mengalami pembekakan hingga sembuh.


5. Mengatasi Keputihan Pada Lidah

Seringkali ketika seorang ibu selesai memberi ASI pada si kecil, terkadang sisa-sisa ASI yang menempel pada lidah bayi akan merubah warna lidah bayi menjadi putih pucat. 
Segera atasi dengan meneterkan getah daun jarak pagar yang masih muda pada lidah bayi. Efeknya akan dirasakan ketika keputihan akan keluar bersama liur bayi tersebut.


6. Mengobati Radang Telinga

Bagi yang sering mengalami radang telinga, maka segeralah mengobati radang telinga tersebut.
Karena radang telinga tidak boleh dibiarkan, karena akan berakibat lebih buruk dari waktu ke waktu.

 Cukup dengan meneteskan 4 sampai 6 tetes getah daun jarak pagar pada telinga maka radang telinga perlahan akan sembuh.
 Cara ini dapat dilakukan sebagai salah satu alternatif penyembuhan. Lakukan langkah ini sampai peradangan pada telinga sembuh sempurna.


7. Mengatasi Kanker Serviks

Kanker Serviks merupakan salah satu penyakit yang sangat menakutkan bagi kaum perempuan, karena bisa mengakbitkan penderitanya sampai meninggal dunia.
Dan untuk menghindari hal itu, maka salah satu cara penyembuhan kanker serviks yang bisa di lakukan adalah dengan rutin mengkonsumsi air rebusan daun jarak pagar. 
Daun ini  memiliki dimethyl sulfoxide yang mampu secara efektif menjaga kesehatan daerah kewanitaan, sehingga dapat mengatasi terjadinya penyakit kanker serviks.


8. Mengobati Sariawan

Munculnya sariawan di bibir, lidah, atau dinding mulut memang bikin tidak enak. Selain perih, makan dan minum pun jadi susah sehingga membuat nafsu makan menurun. Selain itu, penyakit ini juga bisa membuat bau pada mulut yang diakibatkan karena aktivitas bakteri. 
Dan Jangan anggap sepele sariawan ini karena bisa-bisa luka tersebut justru menjadi pertanda timbulnya penyakit lain.
Oleh sebab itu atasi sariawan dengan menggunakan meneteskan getah daun jarak pagar pada area sariawan. Lakukan langkah ini tiga kali sehari sampai sariawan sembuh.


9. Mengobati Bekas Luka

Bekas luka atau koreng yang belum kering cenderung akan memberikan sensasi perih disertai gatal sehingga membuat kita merasa kurang nyaman terlebih jika sedang berpergian keluar rumah atau bahkan sedang berkumpul dengan keluarga atau teman-teman.

Namun jangan khawatir, karena daun jarak hadir sebagai salah satu solusi penanganan yang tepat. Caranya adalah dengan menumbuk beberapa lembar daun jarak kemudian tempelkan daun jarak pagar tersebut pada koreng atau bekas luka secara rutin, maka bekas luka secara perlahan akan sembuh.


10. Menyembuhkan Batuk

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.

Dan untuk mengatasi batuk tersebut, rebuslah beberapa lembar daun atau akar jarak pagar dalam air secukupnya. Minumlah ketika hangat tiga kali sehari untuk menyembuhkan batuk yang sekaligus dapat mengencerkan dahak.